Departemen Sastra Inggris

SDG 17

Selasa (14/6/2022)
Malang. Demi menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan universitas-universitas rujukan dari berbagai wilayah di Indonesia, Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan kunjungan ke Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra (FS), Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (14/6). Berangkat dari adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tujuan utama dari kunjungan ini adalah sebagai sarana diskusi dan pertukaran informasi antara kedua prodi yang bersangkutan agar mampu menyukseskan dan mengambil peran dalam program yang diusung oleh KEMDIKBUD tersebut. Selain itu, Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, ULM juga ingin mempelajari jejak perjalanan Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FS, UM sebagai pembanding sekaligus referensi baru bagi perjalanan program studi mereka ke depannya.

Kunjungan ini bukan hanya dilakukan oleh Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, ULM, tetapi juga oleh Prodi Pendidikan Doktor Bahasa Indonesia, Program Sarjana, ULM ke Prodi S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia, FS, UM dengan tujuan studi tiru. Oleh karena itu, kegiatan kunjungan ini terbagi menjadi dua sesi yang dilakukan dalam dua ruangan yang berbeda.

Berpusat di ruang sidang FS UM (gedung D16 lantai 2), acara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dengan pengantar pewara oleh MC. Dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Wakil Dekan 1, FS, UM, Dr. Primardiana Hermilia Wijayati, M.Pd. dan perwakilan guru besar dari FKIP ULM, Prof. Dr. H. Jumadi, M.Pd. Kemudian berlanjut ke acara serah terima souvenir dari kedua program studi yang bersangkutan dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Setelah serangkaian acara tersebut selesai, acara beralih ke sesi inti atau sesi diskusi. Masing-masing program studi dibagi ke dalam dua ruangan yang berbeda. Ruang diskusi untuk Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris berlokasi di meeting room Departemen Bahasa Inggris (DBIng), FS, UM. Diskusi dimulai dengan pengenalan singkat dari Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FS, UM dan Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, ULM, dilanjutkan dengan pembahasan tentang program MBKM yang tengah berjalan di Departemen Bahasa Inggris, FS, UM, penayangan salindia tentang kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FS, UM, dan lain sebagainya.

Dalam diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit, Selasa (14/6), para delegasi dari Prodi S-1 Pendidkan Bahasa Inggris, FKIP, ULM yang terdiri atas seorang koordinator program studi dan beberapa tenaga pendidik terlihat sangat antusias dalam bertukar informasi, bertanya, dan menyampaikan tujuan-tujuan dari kerjasama tersebut. Hal ini tentu mendapatkan tanggapan positif dari pihak UM. Salah satu perwakilan tenaga pendidik dari Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FS, UM, Dr. Suharyadi, S.Pd., M.Pd. menyatakan bahwa program studi mereka sangat terbuka terhadap segala tawaran kerjasama yang bersifat membangun. “Kami sangat senang mendapatkan kunjungan kerjasama antarprodi dari FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Program studi kami sangat terbuka dengan tawaran kerjasama yang saling menguntungkan.” Ujarnya.

Diskusi terkait pelaksanaan kerjasama antarkedua program studi ini berlangsung dengan lancar tanpa kendala apapun. Hasil yang didapatkan juga telah sesuai dengan tujuan kedatangan Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, ULM. “Harapan saya, bentuk kerjasama yang telah disepakati dapat berjalan dengan maksimal. Kita bisa membuka program pertukaran tenaga pendidik di semester depan, program pertukaran mahasiswa di semester selanjutnya, dan program-program berkualitas lainnya.” Ungkap Koordinator Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, ULM, Dr. Hj. Noor Eka Chandra, M.Pd. Ibu Chandra juga menyatakan bahwa program studi yang dipegangnya akan berusaha membenahi kurikulum yang masih kurang efektif dan membutuhkan penyempurnaan kembali agar program studi tersebut dapat lebih maju dan berkembang secara maksimal di kemudian hari.

Sesi diskusi diakhiri dengan ungkapan terima kasih dari kedua delegasi masing-masing program studi. Kami berharap bahwa kegiatan kunjungan kerja oleh Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, ULM ke Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, FS, UM adalah langkal awal terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik dan mampu membuka jalan untuk keberlangsungan suatu program yang berkualitas.

Reporter : Baiq Tsania Avi Salwa Issabella dan Abdurrahman LD (Intern. HUMAS FS)