Himpunan mahasiswa jurusan sastra Inggris memiliki nama yang menjadi kebanggaan mahasiswanya, yakni Legato, yang merupakan kependekan dari ‘Let the Great be the Top.’ Mahasiswa yang berkewajiban dalam kepengurusan merupakan mahasiswa jurusan sastra Inggris dari dua program studi yang bersangkutan, dari dua tahun ajaran, serta masa jabatan selama satu sampai dua tahun. Kesekretariatan dari Legato bertempatkan di Jalan Surakarta nomor 7G, Malang, berdekatan dengan lokasi himpunan mahasiswa jurusan fakultas sastra Universitas Negeri Malang lainnya.

Mahasiswa yang bertanggung jawab dalam kepengurusan Legato merupakan mahasiswa yang terpilih melalui seleksi dalam salah satu program kerja Legato, Legato Leadership Training. Diklat kepemimpinan ini merupakan kewajiban bagi seluruh kandidat untuk dilatih menjadi pribadi yang bertanggung jawab serta berdedikasi tinggi untuk menjunjung nama baik sastra Inggris serta berkomitmen untuk menggali potensi diri serta sesama dalam masa kepengurusan mereka kelak.

Pada tahun 2018, himpunan mahasiswa jurusan, Legato mencapai jumlah pengurus sebesar 86 orang. Dibina dan dibimbing oleh ibu Dr. Niamika El Khoiri M.A. dan diawasi perkembangan serta kegiatannya oleh bapak Dr. Johannes A. Prayogo, M.Pd M.Ed. Riza A. Prasetyo sebagai ketua tidak sendiri di lini BPH (Badan Pengurus Harian), namun bersama dengan masing-masing seorang sekretaris (Ulfa Pratiwi) dan bendahara (Tia Farahdiba.) Dibawah BPH inti tersebut, terdapat keempat bidang besar beserta sub-bidangnya berikut dengan ketua masing-masing sebagai BPH, yang memiliki ciri khas dalam program kerja yang dilaksanakan.

Keempat bidang itu yakni keorganisasian, kesejahteraan, penalaran dan bakat minat. Bidang keorganisasian terdiri dari dua bidang, aspirasi dan advokasi serta konstitusi dan pengembangan. Keorganisasian menjunjung tinggi nilai netral, dengan sifatnya sebagai pertahanan organisasi secara internal dan eksternal. Bidang kesejahteraan memiliki tiga sub bidang yakni pengabdian masyarakat, sie kerohanian islam, dan rumah tangga. Program kerja mereka berpusat pada pengembangan sosial mahasiswa dan lingkungan serta diri untuk bermanfaat bagi sekitar. Penalaran, bidang yang memfokuskan diri pada akademis baik untuk tujuan eksternal maupun internal. Subbidang yang dimiliki adalah kajian ilmiah (KI) dan penilitian dan pengembangan (LITBANG). Kemudian bakat minat, yang telah terpatri dalam namanya memiliki tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa sastra Inggris. Dua subbidangnya bergerak dalam kesenian dan keolahragaan. Subbidang ketiga yaitu BLINK Media, bergerak dalam jurnalistik dan publikasi jurusan sastra Inggris.

sTRUKTURbIDANGLEGATO2

Program kerja yang disusun oleh Legato terdiri atas dua jenis, yaitu besar dan kecil. Proker (Program Kerja) besar berjumlah satu di setiap bidang, dan proker kecil jumlahnya menyesuaikan sesuai kebijakan setiap bidang. Dalam proker besar, panitia yang dikerahkan merupakan seluruh anggota kepengurusan Legato (hingga relawan melalui lowongan), namun dalam proker kecil, hanya kepengurusan di subbidang/bidang yang bersangkutan, bertanggung jawab atas jalannya acara.

Tentunya, istilah sie merupakan hal yang tidak asing dalam suatu proker. Sie merupakan kelompok kerja para pengurus dalam mengerjakan proker. Menurut kebijakan Legato, kepanitiaan dalam sie sifatnya berbeda di setiap acara. Jika seorang pengurus telah bekerja dalam kepanitiaan salah satu sie pada suatu acara, maka di acara selanjutnya pengurus tersebut akan bekerja untuk sie yang berbeda. Namun, tak jarang pula seorang pengurus akan bekerja di dalam sie yang sama dalam acara yang berbeda. Hal ini tak lepas dari pertimbangan pengurus inti acara tersebut atas kemampuan dan bakat yang diemban oleh seorang pengurus. Umumnya, hal ini terjadi pada sie yang membutuhkan kemampuan khusus.

Tak seperti yang terlihat, Legato tidak hanya fokus pada pengerjaan acara yang memberi manfaat besar untuk sekitar. Hal ini mampu dibuktikan dari kecakapan Legato untuk mewadahi aktivitas positif dari mahasiswa sastra Inggris dengan adanya ekstrakurikuler. Di bawah naungan bidang bakat minat, ekstrakurikuler yang dimiliki cenderung kepada kesenian dan keolahragaan. Dance, choir, homeband, teater, bola voli, basket, dan renang merupakan beberapa dari kelompok yang diikuti oleh mahasiswa sastra Inggris dan aktif melaksanakan kegiatan selain latihan rutin. Tampil dalam acara BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) seperti Sastraswati, pertandingan, ataupun pentas telah menjadi agenda rutin dalam ekstrakurikuler tersebut. Dengan mengikuti ekstrakurikuler ini, mahasiswa sastra Inggris secara tidak langsung telah berpartisipasi dalam mensukseskan proker proker Legato. Ekstrakurikuler ini terbuka untuk seluruh mahasiswa sastra Inggris.